RSS

Perilaku Organisasi

26 Nov

A. Konsep Perilaku Organisasi

Sebelum kita menilik mengenai pengertian perilaku organisasi, ada baiknya kita lihat dulu pengertian organisai dan perilaku.

  1. Pengertian Organisasi; Sistem kerja sama sekelompok orang yang mempunyai aturan dan keterikatan tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan; Struktur pembagian kerja dan mekanisme kerja antara sekelompok orang yang mempunyai aturan dan keterikatan tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan
  2. Perilaku; Sikap dan tindakan

Dari pengertian di atas, ilmu perilaku organisasi merupakan ilmu tentang perilaku tiap individu dan kelompok serta pengaruh tiap individu dan kelompok terhadap organisasi, maupun perilaku interaksi antara individu dengan individu, individu dengan kelompok dan kelompok dengan kelompok dalam organisasi demi kemanfaatan suatu organisasi.

Manfaat ilmu perilaku organisasi bagi pimpinan dan anggota organisasi antara lain adalah untuk menentukan kebijaksanaan, membuat aturan, memecahkan masalah, dll.

Pengertian lain dari perilaku organisasi adalah telaah dan penerapan pengetahuan tentang bagaimana orang-orang bertingak dalam organisasi. Perilaku organisasi merupakan sarana manusia bagi keuntungan manusia. Perilaku organisasi dapat diterapkan secara luas dalam perilaku orang-orang di semua jenis organisasi, seperti bisnis, pemerintahan, sekolah dan organisasi jasa. Apa pun organisasi itu, ada kebutuhan untuk memahami perilaku organisasi.

Unsur pokok dalam perilaku organisasi adalah orang, struktur, teknologi, dan lingkungan tempat organisasi beroperasi. Apabila orang-orang tergabung dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan, diperluka jenis struktur tertentu. Orang-orang juga menggunakan teknologi untuk membantu penyelesaian pekerjaan. Jadi, ada interaksi antara orang, struktur dan teknologi. Di samping itu, unsur-unsur tersebut juga dipengaruhi oleh lingkungan luar, dan unsur itu juga mempengaruhinya.

B. Perilaku Organisasi dalam Berbagai Pendekatan Manajemen

  1. Manajemen tradisional; (a) Tiap individu memiliki perilaku tertentu dalam tiap proses perencanaan, organisasi, penggerakan dan pengawasan, dan (b) Tiap kelompok/unit kerja memiliki karakteristik tertentu dalam berinteraksi di dalam maupun antar kelompok/unit kerja.
  2. Manajemen berdasarkan sasaran; Tiap individu atau keompok memupunyai interest tertentu dalam menentukan sasaran kerja tiap unit dan bahkan penentuan sasaran organisasi.
  3. Manajemen strateji; Tiap individu atau kelompok memiliki pandangan yang berbeda dalam menganalisa lingkungan, penentuan visi dan misi, perumusan strategi, implementasi strategi maupun pengendalian strategi.
  4. Manajemen mutu terpadu; Tiap individu atau kelompok memiliki tolok ukur mutu yang berbeda dan memiliki komitmen mutu yang berbeda pula

 

C. Model-model Perilaku Organisasi

Model yang mendasari yang berlaku dalam manajemen organisasi, khususnya pejabat eksekutif kepala perusahaan, menentukan iklim dalam perusahaan yang bersangkutan. Oleh karena itu, model perilaku organisasi sangat penting. Model-model perilaku organisasi yang ada antara lain adalah Model Autokratis, Model Kustodial, Model Suportif, dan Model Kolegial.

Penjelasan masing-masing dari keempat model tersebut dapat dilihat pada table berikut ini:

 

AUTOKRATIS KUSTODIAL SUPORTIF KOLEGIAL
Dasar model Kekuasaan Sumber daya ekonomi Kepemimpinan Kemitraan
Orientasi manajemen Wewenang Uang Dukungan Kerja tim
Orientasi pegawai Kepatuhan Rasa aman dan maslahat Prestasi kerja Tanggung jawab
Dampak psikologis bagi pegawai Bergantung pada boss Bergantung pada organisasi Keikutsertaan Disiplin diri
Kebutuhan pegawai yang terpenuhi Nafkah hidup Rasa aman Status dan pengakuan Perwujudan diri
Hasil prestasi Minimum Kerja sama pasif Penyadaran Antusiasme moderat

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 26 November 2009 in Organisasi

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: